3 cara agar tulisan di blog tidak bisa diblok copy paste


Setiap artikel yang dibuat tentunya itu menjadi salah satu kebanggaan bagi kita, Karena kita tahu bahwa untuk membuat artikel yang berqualitas itu membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit. Dibawah ini akan dibahas bagaimana supaya tulisan blog tidak di copy paste.

Dari mulai ide, pemikiran, reset kata kunci, keilmuan bahkan waktu yang kita pakai tidak sedikit kita gunakan untuk menuangkan gagasan bagi sebuah artikel yang berqualitas.

Apalagi hasil karya kita bisa dinikmati oleh semua orang yang membutuhkannya, bahkan bisa dirasakan manfaatnya bagi orang tersebut.

Tetapi persoalannya adalah apa jadinya artikel original yang telah kita buat, di copy paste oleh tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab, bahkan tanpa adanya editan sedikitpun dari judul bahkan isinya.

Sebenarnya sah-sah saja siapapun bisa melakukan hal diatas, asalkan menyertakan sumber artikelnya atau menyertakan link artikel tersebut dari sumber yang diambilnya, sebagai rasa hormat dan penghargaan kepada sipemilik artikelnya.

Dari hal diatas itulah mengapa kita perlu mengunci postingan blog kita walaupun masih masih banyak orang yang mengakalinya untuk bisa mencuri konten kita, minimal kita berihtiar dan berusaha untuk melindungi blog dari copy paste.

Jika hal tersebut diatas pernah anda alami, berikut ini mungkin bisa membantu anda untuk menghindari pengambilan konten dengan cara melindungi blog anda dari copy paste.

Ada 3 cara yang bisa anda coba praktekan pada artikelnya diantaranya :

Menggunakan Java Script

Langkah pertama seperti biasa masuk terlebih dahulu ke dasboard blog kita, kemudian coba untuk masuk ke tema dan masuk ke bagian edit HTML

Blog tidak bisa di copy

setelah itu kemudian sobat silahkan cari bagian kode </head> pada bagian script html tersebut, jika ingin lebih cepat dalam pencariannya bisa menggunakan pasilitas pencarian dengan menekan CTRL F pada keyboard dan silahkan ketikan kode diatas dan silahkan di enter.

Blog tidak bisa di copy

Setelah sobat menemukan kode diatas langkah selanjutnya untuk memasukan kode java script dibawah ini yang letakan diatas kode </head> tersebut

<script type="text/javascript"> function disableSelection(target){
if (typeof target.onselectstart!="undefined") //IE route
    target.onselectstart=function(){return false}
else if (typeof target.style.MozUserSelect!="undefined") //Firefox route
    target.style.MozUserSelect="none"
else //All other route (ie: Opera)
    target.onmousedown=function(){return false}
target.style.cursor = "default"
}
</script>

Blog tidak bisa di copy

Kemudian silahkan di simpan perubahannya dan di coba untuk membuka blog kita. Silahkan blok artikel blog yang akan kita copi, kalo berhasil tentunya artikel kita tidak bisa di blok.

Dengan cara langkah diatas pun sebenarnya kita sudah bisa memprotek artikel kita dari pencurian konten tetapi sayangnya apabila javascript di browser kita di disable maka cara diatas kurang efektif, karena kode diatas akan tidak berfungsi, tetapi kita masih bisa menggunakan cara yang ke dua yaitu dengan menggunakan kode CSS.

Pada dasarnya fungsi css ini adalah untuk Mengatur tata letak halaman situs atau untuk mengelola desain atau dekorasi halaman situs tetapi kita bisa memanfaatkannya untuk memprotect artikel kita agar tidak bisa di copy paste, untuk langkah – langkahnya akan saya coba uraian dibawah ini.

Menggunakan Script CSS

Langkahnya sama pada dasarnya seperti langkah diatas kita masuk terlebih dahulu kebagian edit HTML kemudian memasukan kode script dibawah ini diatas kode ]]></b:skin>, silahkan sobat cari terlebih dahulu kode tersebut,

Cari kode ]]></b:skin> kopikan kode berikut diatas blok kode  ]]></b:skin>


body{display:block;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-o-user-select:none;
user-select:none;
unselectable:on;}

kemudian silahkan simpan perubahan dan di coba dengan mengkopy kan artikel di blog kita, jika tidak bisa maka cara yang kedua ini pun sobat sudah berhasil melakukannya. Tapi sayangnya artikel yang kita buat tidak bisa dicopy semuanya, bagaimana seandainya apabila tulisan kita agar bisa sebagian untuk dicopy, untuk memudahkan pembaca apabila artikel yang kita buat ada bagian tulisan supaya bisa di ambil pembaca.

Kita bisa menggunakan pasilitas quote atau catatan yang ada di blog supaya bisa di copy. Caranya tinggal menambahkan kode di bawah ini yang di letakan setelah kode diatas. Kode di bawah ini sebenarnya kode untuk membuka quote / catatan tulisan supaya bisa di copy.

.post-outer {
-webkit-touch-callout:none;
-webkit-user-select:none;
-khtml-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-moz-user-select:none;
}
.post blockquote,.post pre,.post code{
  -webkit-touch-callout:text;
  -webkit-user-select:text;
  -khtml-user-select:text;
  -ms-user-select:text;
  -moz-user-select:text;
}

Sehingga kalo saya screenshoot maka hasilnya akan seperti dibawah ini

Blog tidak bisa di copy


Bagaimana sangat mudah bukan ?
Sekarang kita tinggal membuat quote / tulisan bagaimana supaya sebagian bisa di copy. Karena kode diatas sudah kita tambahkan maka bagian quote bisa kita copy.

Caranya sangat mudah ketika kita lagi membuat artikel di blog, maka tulisan kita ingin bisa di copy orang tinggal menambahkan quote dengan cara mengklik icon quote di bagian sebelah kanan pada jendela editing artikel dan silahkan tulis tulisan yang ingin di copy orang lain.

Blog tidak bisa di copy


Jangan lupa untuk menyimpan artikel yg kita buat, maka hasilnya sobat bisa lihat di blog yang sobat buat seperti contoh tulisan kode di atas yang bisa sobat copy sepuasnya :-D .

Mengunci artikel blog dengan password

Selain menggunakan cara-cara diatas untuk mengunci artikel agar tidak bisa di copy paste,  sebenarnya cara yang ke tiga ini adalah bagaimana memberikan password pada postingan blog.

Jadi ketika ada file rahasia yang tidak boleh di lihat oleh orang lain kita bisa mengunci postingan tersebut dengan password.

Caranya sangat mudah sekali tinggal memberikan script dibawah ini di setiap postingan yang akan diberikan password, untuk password atau tulisannya bisa anda rubah pada bagian yang diberi warna merah dibawah ini

<script language="JavaScript">
<!--
var password;
var pass1="rabbany04";
password=prompt('Masukin Passwordnya ya','');
if (password==pass1){alert('Selamat datang di blog ini!');}
else{window.location="";}
//-->
</script>

Cara menerapkan script tersebut diatas silahkan buka blog anda terlebih dahulu.

Kemudian buatlah sebuah postingan di blog, dan rubah posisi compose pada postingan blog menjadi html, untuk menambahkan scriptnya.

Kemudian untuk mengisi postingannya rubah kembali pada posisi compose, setelah selesai membuat artikel silahkan di publish dan ketika artikel tersebut di buka, maka akan meminta password terlebih dahulu.

Sampai disini maka artikel yang diberikan password tersebut bisa dibuka, tapi sayang karena dibuat dengan menggunakan java script maka ketika javascript di browser dimatikan, script tersebut diatas tidak berjalan.

Tips diatas berlaku hanya untuk pengguna blogger, untuk anda yang menggunakan wordpress, cara agar blog wordpress tidak bisa dicopy paste yaitu bisa dengan menambahkan plug in WP Content Copy Protection & No Right Click, tinggal di install dan di aktifkan maka konten anda sudah terproteksi.


Demikian mungkin tulisan bagaimana supaya tulisan blog tidak di copy paste ini saya buat mudah – mudahan bisa membantu kesulitan sahabat selama ini yang baru mengenal dunia blogging.

0 Response to "3 cara agar tulisan di blog tidak bisa diblok copy paste"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel