Tips Perawatan Baterai Laptop Awet Tidak Mudah Drop Dan Tahan Lama

Tips perawatan baterai laptop awet tidak mudah drop dan tahan lama

Hai agan blogger semuanya, laptop di zaman era modern ini sudah bukan barang yang asing dan langka lagi.

Hampir di setiap kota, disekolahan, di mall – mall, ataupun di manapun kita berada sering sekali kita melihat banyak orang yang menggunakan perangkat yang satu ini, tidak mengenal usia, golongan ataupun gender.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang perawatan baterai laptop.

Tentunya ini bisa digunakan untuk semua jenis laptop baik acer, asus, toshiba, compaq, lenovo atau merk lainnya.

Saya yakin diantara agan – agan punya caranya masing –masing tentang perawatan laptop, merawat komponen laptop memang sangat diperlukan untuk menjaga keawetan perangkat yang kita punyai,  masalah yang sering dikeluhkan sebagian orang adalah tentang masa pakai baterai laptop yang tidak tahan lama. Padahal baru menggunakan 1 jam atau kurang dari 1 jam.

Dengan waktu pemakaian yang sangat singkat tentu saja sangat mengganggu aktivitas kerja baik untuk tugas kantor, tugas makalah untuk mahasiswa ataupun pekerjaan lainnya yang sangat dirasa penting apalagi tempat untuk meng charge baterai laptop sangat jauh dari tempat kita berada.

Tips yang akan saya share ini tentu saja untuk anda pemilik laptop yang masih baru, ataupun laptop yang lama tetapi masih bisa bertahan 3 – 4 jam pemakaian.

Pada dasarnya kemampuan baterai akan berkurang sejalan dengan usia pemakaian, tetapi dengan pemakaian yang benar 80% laptop yang kita miliki akan selalu tetap prima dan ini sangat membantu kita didalam tugas sehari – hari dan selain itu harga jual laptop yang kita miliki tidak jatuh, karena penentu faktor nilai jual laptop salah satunya dari daya tahan baterai laptop yang kita miliki.


Tips perawatan baterai laptop awet tidak mudah drop dan tahan lama

Anda bisa memperlambat proses penurunan daya baterai dengan tips berikut, Tips ini saya bagi dua dari cara pemakaian dan cara penggunaan.

Cara Pemakaian diantaranya :
  • Untuk penggunaan laptop dengan kondisi yang baru, pastikan untuk menchange laptop anda terlebih dahulu dengan posisi laptop dalam keadaan mati / power off. Biasanya perusahaan sudah memberikan daya tertentu kepada baterai laptop kita tetapi hanya sekitar kurang lebih 30 – 40 %, tidak perlu menunggu sampai  4 atau 8 jam untuk pengisian daya baterai laptop, tetapi cukup sampai baterai terisi penuh 100% biasanya kita bisa mengetahui dari indikator lampu laptop berubah, tergantung dari perusahaan laptop, ada yang berubah indikator lampunya dari orange ke putih atau dari orange ke hijau.
  • Usahakan untuk tidak membuka baterai laptop, dan menggunakan laptop dengan cara menchange langsung pada aliran listrik, dengan cara ini mungkin bisa mempertahankan usia baterai, tetapi kurang baik untuk komponen laptop lainnya, karena daya yang masuk tidak tersaring langsung oleh baterai sehingga aliran yang masuk masih kasar belum ada penyaringan daya. Apalagi bila lampu tiba-tiba mati maka laptop otomatis akan langsung mati. Inilah yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen hardware, dan bahkan mengakibatkan konsleting pada hardware.
  • Hindari sebisa mungkin baterai kosong sampai 0%. Untuk itu jika sudah terdapat peringatan bahwa baterai sudah limit, sebaiknya langsung lakukan pengisian daya dengan charger. Apabila dalam posisi charge, laptop masih digunakan karena pekerjaan yang belum terselesaikan, jangan lupa untuk mencabut kabel changer laptop anda dengan segera apabila baterai indikator sudah 100%, jangan dibiarkan terus mengchanger dalam posisi daya laptop penuh karena ini akan mengakibatkan baterai rusak dan cepat drop. Akan lebih baik apabila dalam posisi changer posisi laptop dalam keadaan mati.
  • Jangan menchanger apabila indikator daya dalam posisi lebih dari 40%, karena akan menyebabkan berkurangnya usia baterai dan akan cepat drop.
  • Untuk pemakaian laptop pastikan suhu disekitar berada dalam kondisi normal dan tidak terlalu panas. Suhu yang panas dapat menurunkan kinerja baterai dan juga hardware lainnya. Usahakan ketika menggunaan berada dalam ruangan yang suhunya dingin atau bisa menggunakan cooling pad. Agar kinerja laptop cepat prima dan baterai pun tidak cepat panas.
  • Menghindarkan baterai dari air atau juga panas matahari. Air dan panas dapat merusak komponen pada baterai, jika terkena secara langsung. Sebaiknya Anda menghindari menggunakan laptop dekat dengan gelas yang berisi air untuk mengurangi resiko tumpahnya gelas ke laptop. Selain baterai yang rusak, komponen hardware lainnya pada laptop juga mengalami kerusakan.
  • Untuk baterai yang sudah drop saya anjurkan untuk merubah kebiasaan mengchanger laptop dengan cara yang biasa anda lakukan. 
  • Dari tips diatas anda juga bisa menerapkannya pada perangkat yang lain seperti handphone dan android.

Dari segi penggunaan :
  • Matikan penggunaan program yang berlebihan, gunakan program yang dibutuhkan saja. Karena banyaknya program yang berjalan memakan daya yang cukup besar.  
  • Cobalah untuk mengkonfigurasikan pengaturan daya baterai Anda dengan tepat. gunakan pengaturan power option laptop dengan tepat, mungkin untuk pengaturannya anda bisa menonaktifkan layar dan hard disk setelah jangka waktu tertentu laptop tidak digunakan. Tentukan periode ini sesingkat mungkin untuk memkasimalkan usia atau masa pakai baterai.
  • Kurangi menggunakan layar terlalu terang. Aturlah ketajaman brightness layar disesuaikan dengan kondisi tempat yang akan kita gunakan untuk menggunakan laptop, karena mengkonfigurasi layar terlalu terang akan memakan banyak daya.
  • Nonaktifkan Bluetooth dan Wifi ketika tidak diperlukan. Hal ini akan membantu menghemat daya, sebab konsep Bluetooth dan Wifi adalah mengirim dan menerima signal walaupun Anda tidak menyadarinya dan ini akan menguras daya. Lebih parah lagi jika kedua fitur ini diaktifkan ditempat yang sama sekali tidak ada signal.
  • Tidak menggunakan screen saver. Screen saver mengkonsumsi daya jauh lebih tinggi karena CPU aktif dan kartu video serta layar digunakan juga. Hal ini sama dengan menonton video pada laptop.
  • Selain menonaktifkan Bluetooth dan perangkat nirkabel, juga melepaskan setiap perangkat ekstenal ketika tidak digunakan. Sambungan USB atau Mouse nirkabel, memory stick USB, harddisk eksternal atau kartu PCMCIA yang tidak sedang digunakan pada laptop harus dilepas.  Karena semua perangkat tadi menggunakan daya dari laptop.
  • Periksa juga program startup dan program aktif serta menutup program yang tidak perlu. Program startup yang terlalu banyak akan menyebabkan baterai laptop loading lama. Dan hal tesebut akan membutuhkan banyak daya.Untuk memeriksa startup bisa mengetikan msconfig pada run, maka akan muncul jendela system configuration. Pada menu ini pilihlah startup, dan matikan atau hilangkan centang program yang dirasa tidak digunakan.
  • Gunakan speaker musik dengan bijaksana apabila mau menggunakan musik dan volume sewajarnya karena dengan volume yang besar dan berlebihan akan mempercepat menghabiskan daya.
Dengan beberapa tips diatas selain baterai bertahan 3 – 4 jam saat digunakan.

Juga kondisi baterai anda akan selalu prima walaupun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Cara – cara diatas sudah saya praktekan, bahkan laptop pertama saya dulu ketika membeli  milik pribadi tahun 2008 dan saya jual tahun 2014 kurang lebih 6 tahun pemakaian baterainya masih dalam keadaan prima dan masih bertahan sampai 4 jam penggunaan karena tahun – tahun sebelumnya masih menggunakan laptop inventaris kantor.

Alhamdulillah tips tersebut saya gunakan untuk laptop yang baru dan sampai sekarang kondisinya masih dalam keadaan bagus. Mudah – mudahan tips artikel yang saya buat ada manfaatnya. Biasakan untuk menerapkan cara – cara diatas, agar perangkat yang anda punyai selalu baik. Karena dengan selalu merubah kebiasaan yang biasa hasilnya pun akan luar biasa :-D .

Demikian Tips perawatan baterai laptop awet tidak mudah drop dan tahan lama. Indahnya berbagi.

Baca juga artikel tentang : Cara Memilih Laptop Bekas yang Bagus dan Awet

0 Response to "Tips Perawatan Baterai Laptop Awet Tidak Mudah Drop Dan Tahan Lama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel