Cara Memilih Laptop Bekas Yang Bagus Dan Awet

Bagi sebagian orang komputer bukan hal yang aneh lagi, apalagi sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan modern orang sudah mulai beralih mencari sesuatu yang praktis dan mudah, salah satu diantaranya dalam bidang teknologi. Dibawah ini akan dibahas bagaimana cara memilih laptop bekas.

Kenapa Laptop menjadi salah satu alternatif termudah didalam membeli produk komputer dibandingkan PC biasa?

Karena kemudahan dan kepraktisan yang dimiliki oleh laptop yang bisa dibawa kemana-mana. Bahkan spesifikasi nya pun sekarang hampir sebanding dengan PC biasa serta harga yang tidak berbeda jauh.


CARA MEMILIH LAPTOP BEKAS YANG BAGUS DAN AWET

Banyak alternatif yang dipilih didalam membeli laptop, bagi sebagian orang pilihan laptop yang baru menjadi  pilihan untuk memberikan kemudahan didalam kegiatan pekerjaan sehari-hari. Ada pula yang memilih untuk membeli laptop secend atau bekas karena kebutuhan keuangan yang tidak mencukupi. 

Tetapi hal tersebut bukanlah suatu masalah, apapun laptop yang akan kita beli yang jelas sesuai dengan kebutuhan yang akan kita gunakan. Untuk laptop yang baru mungkin kita tidak akan merasa was-was dengan garansi yang ditawarkan apabila laptop yang kita beli nantinya bermasalah.

Tapi bagi sebagian orang yang membeli laptop bekas barangkali akan merasa cemas dengan barang yang sudah kita beli. Maka dari itu untuk anda yang berkeinginan untuk membeli laptop bekas karena menyesuaikan dengan keuangan yang kita miliki janganlah cemas. 

Karena berikut ini saya akan memberikan beberapa tips yang mungkin bisa menjadi solusi untuk menghilangkan kecemasan ketika kita memutuskan untuk membeli laptop bekas diantaranya :


1. Tentukan terlebih dahulu jenis laptop yang akan kita beli dan sesuaikan spesifikasinya dengan kegiatan pekerjaan yang akan kita gunakan nanti. Sebagai contoh misalnya anda seorang pelajar yang suka desain. Maka laptop yang akan kita beli tentunya spesifikasinya mesti bisa menunjang pekerjaan kita nanti sebagai alternatif kita akan membeli laptop dengan prosessornya core i5 misalnya. Atau contoh lain misalnya anda kegiatannya hanya sebatas mengetik saja kita bisa menentukan spesifikasi laptopnya dengan core 2 duo atau dual core saja. 

Apabila anda bingung dengan spesifikasi yang akan dibutuhkan nanti, atau tidak paham dengan spesifikasinya, saya sarankan untuk membeli laptop dengan spesifikasi untuk multimedia. Tentunya sesuai dengan keuangan yang kita punyai.

2. Cari spesifikasi harga diinternet sesuai dengan laptop yang kita ingin beli nanti. Bandingkan harganya yang baru dengan harga yang bekas. Jika harga baru dengan harga yang bekas perbandingan harganya tidak beda jauh. Saya sarankan membeli yang baru alternatif terbaiknya. Kemudian anda tulis dikertas harga-harganya sesuai spesifikasi yang ditawarkan sebagai bahan perbandingan ketika kita akan membeli di toko.

3. Kemudian anda mulai bertanya-tanya ke teman, sahabat, atau kerabat yang memiliki pengalaman membeli laptop dan tanyakan tempat- tempat terbaik untuk membeli laptop atau bahkan kalau anda lagi beruntung kita bisa dapat penawaran laptop bekas dari teman yang kita tanya tersebut.

4. Jangan terburu-buru didalam membeli laptop bekas. Apabila anda sudah menemukan laptop yang anda cari langkah-langkah pengecekannya adalah :
      • Pertama cek casing laptop bagian permukaan secara keseluruhannya apakah baik atau ada yang cacat
      • Cek layar laptop apakah berfungsi dengan baik dengan cara tutup buka apakah ada perubahan dilayar atau tidak, dan periksalah apakah ada garis dead fixel pada bagian layarnya. Biasanya kalo ada kerusakan ada garis hitam.
      • Keyboard dan touchpad, cek bahwa keduanya berfungsi dengan normal dengan cara mencoba membuka program aplikasi word misalnya kemudian coba satu per satu bagian tombolnya, hal tersebut dikarenakan mengganti  kedua komponen itu tidaklah mudah perlu biaya dan tidak segambang di PC
      • Cek Baterai laptop dan ini tentu sangatlah penting, karena bisa menunjang mobilitas anda. Pastikan kondisi baterai pada laptop yang akan kamu beli, caranya bukan hanya dengan melihat baterainya saja saat kondisi hidup, tapi kamu bisa mengulur-ulur waktu ketika mencoba laptop tersebut, kamu bisa mengajak ngobrol penjual untuk memberikan kurun waktu pada laptopnya. Disini kamu bisa mengetahui  penurunan presentasi baterainya kemudian lihat presentasi baterai setelah itu restart ulang lalu lihat kembali presentasi baterai mengalami kenaikan atau penurunan jika tetap presentasinya berarti kemungkinan masih bagus, jika mengalami kenaikan atau penurunan yang drastis kemungkinan baterai tersebut sudah drop. Selanjutnya kamu cek chargernya, lakukan pengecasan dan lihat apakah baterai terisi dengan normal apa tidak dengan charger tersebut.
      • Periksalah kelengkapan laptop seperti charger, buku manual, cd-room, dus, cd driver, dan kelengkapan yang lain.
      • Harddisk ialah komponen yang paling rentan terhadap kerusakan pada laptop bekas. Cara untuk memastikan hardisk laptop dalam kondisi baik adalah dengan cara melakukan copy/paste antar folder serta partisi laptop, atau juga bisa mencoba tes memindahkan file dari hp ke laptop. Jika proses transfer filenya sangat lambat ini merupakan petanda harddisknya bermasalah. 
      • Kemudian selanjutnya ialah pastikan kondisi hardware yang lain seperti Optical Drive, Webcam, Wi-Fi, Bluetooth, Fan, serta komponen yang lainnya dapat berfungsi dengan baik. Lakukan pengecekan dengan menggunakan laptop langsung beberapa saat agar kamu dapat memastikan kinerja laptop tersebut.
      • Dan yang terakhir tidak kalah pentingnya garansi terhadap kerusakan wajib anda tanyakan, apa laptop ini masih dapat garansi atau tidak. biasanya ada garansi pabrik dan garansi toko, garansi pabrik apabila laptopnya masih berumur kurang dari dua tahun, sedangkan garansi toko diberikan oleh toko penjual apabila ada kerusakan, dan biasanya garansinya tidak lama sekitar satu atau dua bulan, jika laptop tersebut masih memiliki garansi,laptop tersebut aman.

      Demikianlah semoga dengan adanya tips-tips cara memilih laptop bekas tersebut diatas bisa menjadi referensi ketika anda akan membeli laptop bekas atau second. Namun jika kamu memiliki budget lebih kamu bisa membeli laptop baru.  Semoga bermanfaat dan terima kasih.

      Baca : Cara perawatan batrai Laptop

      0 Response to "Cara Memilih Laptop Bekas Yang Bagus Dan Awet"

      Post a Comment

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel