Belajar Komputer Dasar Untuk Pemula Dalam Waktu Singkat

BELAJAR KOMPUTER DASAR UNTUK PEMULA

Banyak jalan menuju roma, itulah ungkapan yang sering di ucapkan orang untuk mempelajari atau mengenal sesuatu hal.

Demikian juga pepatah itu berlaku untuk agan yang sedang belajar komputer. Banyak cara yang bisa agan lakukan untuk menambah pengetahuan didalam mempelajari komputer.

Bisa dengan cara kursus, bertanya ke orang yang mahir, membaca buku komputer atau juga bisa belajar di blog-blog komputer. Salah satunya ya blog yang anda baca sekarang.

Tapi yang jadi persoalan nya disini adalah dari mana saya harus memulai untuk belajar komputer, apalagi dilingkungan kita banyak sekali orang yang menggunakan komputer dan kita pun tidak paham apa yang sedang mereka kerjakan. Apakah ini terjadi pada agan juga ? jangan khawatir itupun pernah saya alami ketika ingin menguasai komputer.

Artikel ini saya dedikasikan untuk agan semua yang belum bisa sama sekali mengoperasikan komputer. Saya yakin banyak para mastah, suhu, master yang kebetulan mampir ke blog ini.

Mohon maaf bukan bermaksud untuk menggurui, ini hanya sebatas bahan pembelajaran saja khususnya untuk saya pribadi. Walaupun ini hanya pengetahuan dasar mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi yang mau belajar.

Disini kita akan coba belajar komputer dasar untuk pemula kupas tuntas sampai mahir dalam waktu singkat.

Sebelum mengenal lebih jauh bagaimana dan apa saja yang harus anda pelajari agar bisa menguasai komputer. Disini saya akan menambahkan dulu wawasan sedikit tentang apa yang harus kita pahami dan apa yang harus kita pelajari tentang komputer.

Pada dasarnya belajar komputer itu tidaklah sulit tetapi tidak juga semudah membalikan telapak tangan. Yang jelas perlu adanya latihan yang terus menerus secara istiqomah yaitu belajar secara kontinyu walaupun hanya sedikit-sedikit yang kita pelajari.

Baik langkah awal yang harus kita niatkan didalam hati yaitu apa yang akan kita pahami dan kita pelajari nanti. Apakah itu berkaitan dengan Hardware (Perangkat keras komputer) atau berkaitan dengan software (perangkat lunak komputer) atau mungkin keduanya. Masih bingung ???

Baik saya akan bertanya pada agan, dan coba agan jawab dalam hati.
1. Apakah anda ingin bisa memperbaiki komputer yang rusak tidak bisa digunakan ?
2. Apakah anda ingin bisa menginstall komputer ?
3. Apakah anda ingin bisa mengetik makalah, skripsi dan sebagainya?
4. Apakah anda ingin bisa mendesain logo, kartu undangan, membuat kartu nama dan sebagainya?
5. Apakah anda ingin menjadi seorang blogger?
6. Apakah anda ingin bisa membuat film animasi ?

Dan banyak lagi pertanyaan yang mungkin berkaitan dengan dunia komputer. Maksud pertanyaan diatas adalah berkaitan dengan apa yang nanti ingin agan kuasai dalam bidang komputer. Karena bidang komputer itu sangat luas sekali. Dibawah ini saya akan menjabarkan beberapa profesi yang berkaitan dengan bidang komputer, yang nantinya bisa membuka wawasan agan tentang apa saja yang nanti dipelajari dalam bidang komputer.

Berdasarkan profesinya ada beberapa bidang keahlian komputer diantaranya yaitu:
Operator Komputer : orang yang menguasai aplikasi pengolah kata, diantaranya yang paling sering digunakan adalah Microsoft word, excell, powerpoint.

Teknisi Komputer adalah orang yang menguasai cara kerja komputer, biasanya berkaitan dengan perbaikan komputer atau laptop yang mengalami kerusakan baik hardware ataupun software

Ahli Jaringan Komputer adalah seorang ahli yang menguasai instalasi dan konfigurasi jaringan komputer.

Programmer Komputer adalah orang yang ahli didalam membuat program-program aplikasi.

Desain atau Multimedia Komputer adalah orang yang menguasai komputer bidang desain ataupun dalam bidang animasi.

Satu lagi mungkin yang jarang orang ulas mengenai pekerjaan seorang Profesi Blogger Profesional, yaitu kegiatan ngeblog yang menghasilkan finansial dari internet. Kegiatan profesi ngeblog ini tidak bisa dianggap remeh. Banyak sekali para blogger yang sukses dengan berpenghasilan puluhan sampai ratusan bahkan milyaran dollar dari aktivitas kegiatan seorang blogger.

Tentukan pilihan anda dari mulai sekarang, mana yang akan menjadi minat dan menjadi kebutuhan anda nanti, atau bahkan bisa menunjang pekerjaan yang akan anda lakukan dimasa yang akan datang.

Baik sebelum melangkah menjadi seorang yang ahli dibidang komputer sesuai dengan bakat yang ingin anda miliki seperti profesi diatas tentunya harus memahami dulu cara pengoprasian komputer dasar sebagai pondasi sebelum melangkah menjadi profesi yang handal seperti tugasnya masing-masing diatas. Untuk itu mari kita pahami beberapa dasar- dasar yang dirasa sangat penting sekali diantaranya yaitu :

1. cara menghidupkan dan mematikan komputer
2. cara menjalankan aplikasi dasar
3. Pahami file & folder

Cara menghidupkan komputer
Kalo mendengar tulisan diatas pasti diantara anda berpikir mudah sekali, ya memang mudah bagi yang paham tapi bagi yang belum pernah sama sekali mengenal komputer tentu akan sangat kesulitan. Langkah pertama pastikan colokan komputer sudah terhubung kesaluran listrik, kemudian tekan tombol power yang ada di komputer anda, jangan lupa untuk menekan tombol monitor juga. Tunggu beberapa saat sehingga tampilan komputer siap digunakan. Untuk yang memiliki laptop langkah awal silahkan buka laptop anda dan tekan tombol power yang ada di laptop anda. Tunggu sampai laptop yang anda miliki sudah siap digunakan.

Cara menjalankan aplikasi dasar
Pada dasarnya (software) aplikasi pada komputer terbagi menjadi dua bagian yaitu sistem operasi dan program aplikasi. Perbedaannya adalah Sistem operasi secara garis besar merupakan sistem dasar yang mengelola dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem ini wajib ada pada setiap komputer. Contoh sistem operasi misalnya : windows 98, windows 2000, windows xp, windows 7 dan lain sebagainya. Sedangkan Program aplikasi adalah program yang diisikan pada komputer sesuai kebutuhan si pengguna. Contoh: Microsoft word, Corel Draw, Photoshop, dan lain lain.

Untuk menjalankan program aplikasi ada beberapa cara, tergantung dari sistem operasi yang digunakan, untuk versi sistem operasi yang saya gunakan pada kesempatan kali ini dengan menggunakan sistem operasi windows 7. Misalnya kita akan coba belajar mengetik dengan Microsoft word. Langkah pertama klik button star di pojok sebelah kiri > klik All Program > kemudian Cari microsoft office dan silahkan anda klik > lalu klik Microsoft Word




Maka jendela program aplikasi microsoft word akan terbuka dan bisa anda gunakan


Apabila sudah digunakan untuk menutup program aplikasi bisa mengklik tanda silang di pojok sebelah kanan atas.

Begitupun apabila anda ingin menjalankan program aplikasi yang lainnya bisa anda gunakan seperti langkah diatas.



Mungkin ini hanya bagian dari belajar komputer dasar untuk pemula dalam waktu singkat. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Apabila ingin lengkap bisa belajar di LKP Educasia College. Salah satu lembaga yang menyediakan kelas Offline dan Online, dan tentunya bersertifikat resmi Dinas Pendidikan.

0 Response to "Belajar Komputer Dasar Untuk Pemula Dalam Waktu Singkat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel