Persiapan Teknis Membuat Blog untuk Pemula


Persiapan teknis untuk membuat blog untuk pemula

Setelah kita membahas tentang persiapan dan panduan blog sukses bagi pemula, kita mulai persiapan teknis untuk blog pemula.

Sebenarnya banyak sekali yang mesti dipersiapkan untuk menjadi blogger yang expert, dari mulai perencanaan, persiapan dan pelaksanaan harus dipersiapkan secara matang agar menghasilkan goal blog yang baik, saya pun masih dalam tahap belajar, tetapi saya mencoba untuk menyederhanakan terlebih dahulu biar tidak terlalu sulit untuk dipelajari.

Beberapa hal sebagai tahap awal yang mesti dipersiapkan agar blog tidak terlalu sulit untuk modifikasi kedepannya, selain itu memudahkan untuk optimasi SEO-nya.

Dan persiapan disini tentunya untuk tahapan blog yang gratis sebagai langkah awal untuk belajar pemula. Apa saja persiapannya :

Mempersiapkan email
Email menjadi salah satu hal yang paling penting, karena hampir semua yang berkaitan dengan registrasi pasti selalu membutuhkan email, biasanya untuk kebutuhan kelengkapan pembelian domain ataupun hosting, atau juga email bisa digunakan juga sebagai media informasi seputar blog baik untuk membalas komentar visitor, ataupun media informasi lainnya.

Untuk email sendiri banyak sekali layanan yang menyediakan untuk email gratis, dari mulai, Yahoo.com, bing.com, gmail.com dan masih banyak yang lainnya saya sarankan anda membuat email yang bisa digunakan untuk beberapa platform seperti gmail.com untuk memudahkan registrasi pembuatan akun lainnya. Karena akun gmail multi platform, ada beberapa platform yang tidak harus kita membuat akun yang baru.

Silahkan persiapan email terlebih dahulu jika belum memilikinya bisa baca artikel  Cara membuat email di Gmail

Membuat blog dengan flatform yang sesuai
Persiapan ini sangat penting untuk menuangkan artikel yang kita buat dalam media blog, setelah persiapan email anda miliki saatnya kita mengarah ke teknis pembuatan blognya, seperti yang sudah saya jabarkan pada artikel sebelumnya bahwa dalam membuat blog ada yang hosted atau yang self hosted, mungkin disini yang akan saya bahas tentang membuat akun dengan blog gratisan atau hosted dengan platform blogger.

Kenapa saya memilih blogger ?

Pertama karena blogger gratis, Ini sangat membantu sekali bagi Anda yang low badget, tapi jangan kawatir blog yang kita buat nanti bisa kita pindahkan menjadi self hosted ketika kita sudah siap segalanya selain finansial juga ilmu menjadi salah satu faktor pentingnya.

Selain itu blogger sangat mudah dibuat dibandingkan dengan blog self hosted yang membutuhkan waktu untuk pembuatannya. Yang selanjutnya blogger sangat mudah untuk di monetize di google adsense untuk mendapatkan penghasilan dari google.

Kenapa mudah untuk di monetize, seperti yang kita ketahui bahwa blogspot / blogger merupakan bagian dari perusahaan besar google sehingga hal ini menjadi poin besar bagi kita sebagai blogger pemula untuk memanfaatkan peluang ini dibandingkan kita menggunakan platform yang lainnya, tentunya bukan syarat yang mutlak karena faktor qualitas artikel pun menjadi hal yang sangat penting didalam kegiatan blogging.

Memilih template yang baik, menarik, responsive, sederhana tentunya SEO friendly
Didalam pembuatan blog hal yang penting yang mesti kita pertimbangkan adalah salah satunya memilih template yang baik, karena dengan template yang baik tentunya sangat mempengaruhi bagi pembaca mengenai kenyamanan dalam berkunjung ke blog kita.

Selain itu template yang baik itu bukan hanya tampilan saja, cepat / responsive menjadi bagian yang sangat penting juga, terkadang apabila kita berkunjung ke blog orang lain suka malas apabila blog yang kita kunjungi loadingnya sangat lama.

Saya sarankan juga yang SEO friendly agar memudahkan dibaca oleh mesin google sehingga menjadi bagian faktor untuk memudahkan artikel kita menjadi no 1 di google, kenapa artikel kita menjadi penting untuk menjadi no satu di mesin pencarian ?

Karena ini akan mempengaruhi traffic pengunjung ke blog kita sehingga blog kita tidak sepi pengunjung.

Cara membuat blog dengan blogspot

Menulis artikel yang baik
Konten atau artikel yang kita buat menjadi salah satu ujung tombak yang bisa menaikan traffik pengunjung yang sangat penting, karena dengan konten yang berkualitas tentunya pengunjung akan berlama – lama di blog kita sehingga secara otomatis akan menjadikan penilaian bagi google untuk menimbang qualitas konten kita dan reputasi blog kita menjadi baik di mesin pencari.

Maka dari itu seringlah belajar untuk membuat artikel agar terbiasa, usahakan agar artikel yang kita buat original, dan buatlah semenarik dan senatural mungkin, agar blog agan banyak pembacanya.

Riset kata kunci
Sebenarnya sebelum membuat artikel kita perlu riset kata kunci agar, kita bisa tahu kekuatan judul persaingan dan peminatnya seperti apa, jangan sampai artikel yang kita buat ternyata didalam pencarian google sangat sedikit popularitasnya.

 tetapi untuk blogger pemula, jangan dulu terfokus pada judul yang nanti pada akhirnya artikel yang akan kita buat tidak pernah jadi karena belum sempurna terus. Berjalanlah  dulu sempurnakan kemudian. Untuk pembahasan reset kata kunci akan saya buatkan dalam artikel khusus karena membutuhkan banyak sekali penjelasan

Optimasi blog SEO ( Search Engine Optimization )
Optimasi menjadi salah satu bagian penting didalam teknis pembuatan blog tetapi ini tidak terlalu penting untuk dipikirkan bagi seorang pemula, lambat laun ketika kita berjalan untuk memulai membuat artikel blog, akan kita dapatkan ilmunya sambil berjalan.

Yang jelas kenapa kita perlu mempelajari ilmu SEO agar blog yang kita buat menjadi blog yang menjadi blog yang dipercaya di mesin pencari google.

Dalam dunia blogger, popularitas artikel dan blog merupakan bagian penting untuk menciptakan branding awarness. Semakin terkenal blog kita maka akan semakin membantu kita untuk mendorong pengunjung datang untuk membaca artikel kita posting di blog.

Disinilah fungsi SEO yang memiliki pengaruh besar terhadap tumbuh kembang sebuah blog. SEO menjadi bagian teknik untuk meningkatkan popularitas sebuah blog.

SEO ini akan bekerja membantu blog kita dengan menempatkan rangking website di jajaran teratas halaman penelusuran mesin pencari seperti Google, Bing, dan sebagainya..

Demikian kilasan artikel persiapan teknis membuat blog untuk pemula, semoga bermanfaat.

0 Response to "Persiapan Teknis Membuat Blog untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel